Hal ini untuk memudahkan pilot mengoperasikan pesawat terbang dan hanya fokus pada informasi yang sedang beroperasi, juga dapat mengeliminasi kebutuhan flight engineer.
Komponent dasar dari glass cockpit adalah Electronics Flight Instrument System (EFIS) terdiri dari Primary Flight Display PFD yang letaknya di instrument panel di sisi pilot dan copilot yang mampu menampilkan:
1. Data Navigasi : DME, VOR, GS, ILS dll
2. Data ketinggian, kecepatan angin, kecepatan pesawat, attitude, waktu, kompass dll.
Komponen yang ke dua dari glass cockpit adalah Engine Indications and Crew Alerting System (EICAS) yang menampilkan data-data:
1. Engine Indicator seperti ITT, Torque, Fuel Flow, Oil Pressure dll
2. Warning dan caution
Saat ini PT Dirgantara Indonesia sedang mengembangkan pesawat terbang CN235 dengan glass cockpit1. Dengan konsep yang baru untuk memenuhi kebutuhan operasional dan performance dengan ditambahkan CNS/ATM.
2. Mengganti electromechanical engine indicator dengan EICAS
3. Mengganti warning dan caution light dengan EICAS
4. Mengurangi beban kerja pilot
5. Menaikkan reliability and maintainability
Tidak ada komentar:
Posting Komentar